Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis http://purwantoblog.com Thu, 18 Jan 2018 18:36:25 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 Cara Menulis Artikel SEO Friendly http://purwantoblog.com/cara-menulis-artikel-seo-friendly/ http://purwantoblog.com/cara-menulis-artikel-seo-friendly/#comments Fri, 15 Dec 2017 17:13:53 +0000 http://purwantoblog.com/?p=658 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Cara Menulis Artikel SEO Friendly sebenarnya tidak banyak yang tau. Semuanya bisa anda pelajari di dalam tutorial berikut. Update algoritma Google yang terbaru, artikel website …

The post Cara Menulis Artikel SEO Friendly appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly sebenarnya tidak banyak yang tau. Semuanya bisa anda pelajari di dalam tutorial berikut.

Update algoritma Google yang terbaru, artikel website yang berkualitas tidak hanya bagus untuk mesin pencari, tapi juga untuk pembaca (human).

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Untuk itu saya sajikan artikel Cara Menulis Artikel SEO Friendly buat teman-teman yang belum paham.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

1. Utamakan User Experience

User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berbuhungan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?

Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tanpa menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas disini sedikit membuka mata saya soal bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience ? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional
  • Navigasi yang mudah
  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca
  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
  • Kecepatan loading
  • Responsive design
  • dsb.

Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

chart user experience

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel

Ini wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri (ke awal kata) makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

contoh judul artikel

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

  • 20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
  • Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
  • Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Familiar dengan title-title postingan membingungkan seperti diatas ??

Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter. Batasan ini tidak baku karena tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

Untuk referensi panjang title dan meta description, silahkan cek disini.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik

Seperti contoh kasus diatas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Title AIO SEO Pack untuk Search Engine vs Title Artikel untuk pengunjung

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda kaku dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Apakah Anda pernah berfikir sampai kesitu ??

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

Untuk judul yang dibaca user Anda bisa berkreasi sesuka hati. Usahakan yang catchy dan tetap menarik klik.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam

ilustrasi artikel panjang dan dalam

Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?

Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya panjang (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam (lengkap dan menyeluruh).

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

average jumlah kata halaman 1 serp

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking

Internal linking adalah link antar halaman dalam satu blog/website.

Berapa jumlah ideal internal link per post nya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience. Jika Anda merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca Anda maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia sebagi contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut (biasa disebut dengan linkjuice).

linkjuice internal links

source

6. External Linking ke Authority Site yang Relevan

Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Pendapat saya, selama external link Anda ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web Anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat web Anda sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika Anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density

Keyword density adalah intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya Anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

Anda malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk (keyword stuffing).

contoh keyword stuffing

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel Anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin Anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan Anda.

Bukan begitu ??

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords

Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa di bilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama). Simak disini untuk penjelasannya.

Misal, Anda sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly (seperti tulisan saya ini :D), maka Anda bisa menambahkan istilah-istilah seperti blog, backlink, theme, plugin, template, Google, search engine, tutorial dan istilah-istilah lain yang relevan, tentunya dengan tetap mengutamakan tulisan yang berkualitas dan enak dibaca.

Contoh lagi jika Anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika Anda bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya atau hijab kedalam tulisan Anda. Anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti toko online, belanja, fashion, islam dan sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI Anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor misalnya.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline

Ini juga salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan tanda bold (garis tebal), italic (garis miring) dan underline (garis bawah) fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. Anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3

Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul website (homepage), H2 untuk judul postingan dan h3 untuk elemen-elemen website yang lain seperti related post dan widget di sidebar.

Struktur theme default dengan h1 dihomepage lebih cocok untuk website-website niche khusus (microniche) karena keyword utama memang berada di homepage. Namun theme jenis ini kurang disukai karena tidak dinamis seperti theme-theme premium yang banyak dijual dipasaran.

Theme dinamis dengan struktur SEO friendly biasanya mempunyai struktur heading yg sama dengan theme-theme default ketika dihomepage, namun berubah ketika di halaman postingan, dengan menempatkan judul postingannya sebagai h1 (bukan judul homepage).

Ketika Anda menulis artikel untuk keperluan SEO, pastikan h1 Anda adalah judul postingan. Untuk h2, Anda bisa menggunakannya di sub title postingan.

Seperti yang saya lakukan di tulisan ini, ke 15 poin yang ada dalam cara menulis artikel seo ini saya tulis dengan menggunakan h2.

note: Penggunaan h2, h3 dst bisa lebih dari 1x dalam satu halaman website (pages). Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama

Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : 15 Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly yang Belum Anda Tahu!
Permalink asli : /15-cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Tips dan Cara Pembuatan Tahu Goreng Yang Enak Sekali
Permalink asli : /tips-dan-cara-pembuatan-tahu-goreng-yang-enak-sekali
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-tahu-goreng

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata dipermalink.

If you can make your title four- or five-words long – and it is pretty natural. If you have got a three, four or five words in your URL, that can be perfectly normal. As it gets a little longer, then it starts to look a little worse. Now, our algorithms typically will just weight those words less and just not give you as much credit.

Meski saya tidak pernah 100% percaya dengan omongan engineer Google yang satu ini, tapi kali ini saya setuju.

Entah ada hubungannya atau tidak, permalink default di blogspot (milik Google) jika tidak di custom juga akan otomatis memotong permalink yang terlalu panjang.

Untuk cara customisasi (merubah) permalink ini cukup simpel, di menu visual editor arahkan kursor ke bagian bawah title postingan dan klik “Edit”.

cara customisasi permalink

Dari sini anda bisa memendekkan atau merubah permalink sesuai keinginan.

Dalam aturan SEO, permalink (include dengan url domain) sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi

Menggunakan keyword utama dikalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, Anda bisa menempatkan keyword Anda di meta deskripsi (untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack, SEO by Yoast atau Platinum SEO Pack). Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, Anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user terutama di kalimat dan paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog Anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya. Sekali lagi, ini berhubungan dengan user experience utamanya CTR Anda di SERP.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi Anda dalam batasan jumlah karakter ini karena jika melebihi maka deskripsi Anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, Anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Contohnya artikel ini, jika saya membuat deskripsi seperti ini bagaimana kira-kira reaksi Anda: “Dari ke 15 Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly ini ada salah satu cara yang paling ampuh dan pastinya belum pernah Anda baca dimanapun, yaitu ….”.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

Untuk cara menganalisa CTR di SERP juga sudah saya tulis disini.

13. Masukkan Attribut Alt di Image (Gambar)

Google tidak bisa membaca file gambar (image), maka disini penggunakan attribut alt diperlukan sebagai pengganti untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan crawling di halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image. Lihat perbedaannya disini :

penggunaan alt text untuk SEO

Seringnya, attribut alt (Alternative text) ini disini diisi dengan keyword utama.

Jika gambar Anda cuma 1 – 2 file dalam 1 artikel tentu tidak masalah, tapi jika file gambar Anda cukup banyak sebaiknya Anda memvariasikannya dengan keyword-keyword longtail dan LSI. Juga tambahkan kata-kata seperti gambar, images, pic of atau foto di depan keyword agar lebih natural dan tidak keyword stuffing.

Untuk website-website komersil dengan intensitas posting yang sering, Anda bisa menggunakan plugin-plugin khusus untuk optimasi gambar seperti SEO Friendly Images. Untuk web-web personal dengan intensitas posting yang jarang, sebaiknya gunakan cara manual karena lebih fleksibel.

Jika Anda ingin lebih jauh mengoptimasi meta tags image Anda, Anda bisa membaca tulisan Neil Patel dari Quicksprout. Saya sendiri untuk file gambar sejauh ini hanya mengoptimasi di bagian alt saja.

Tips:
Jika Anda menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file (biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg) agar file gambar Anda tidak duplikat dengan gambar yang Anda download tersebut. Jika perlu, Anda juga bisa mengganti meta-data (biasanya memakai software) dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal menggunakan gambar dengan ukuran 400px x 600px. Jangan lupa melakukan kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web.

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel (Images, Video, Infographics, dll)

Semakin kaya informasi yang Anda sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel Anda sebagai artikel yang berkualitas.

Jika memungkinkan, gunakan media-media untuk memperkaya isi tulisan seperti gambar, video, tabel, chart, infographics maupun maps.

Dari user experience pun hasilnya tentu bagus karena pembaca dimanjakan dengan tulisan yang kaya informasi dan kaya visualisasi.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih banyak daripada konten tanpa gambar yang relevan.

diagram statistik gambar relevan

Pemakaian infographics juga 3x lebih berpeluang mendapat like dan share di social media dibandingkan jenis konten lain.

data infographics like dan share

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

Wow …

perbandingan konten visual dan tulisan

15. Gunakan Variasi Keyword

Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI,  yang saya maksud dengan variasi keyword disini adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Contoh :

Keyword : cara membuat blog gratis

“Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat blog gratis. Bagi anda yang ingin eksis di internet tapi belum mempunyai modal untuk beli domain dan hosting, maka blog gratis bisa menjadi salah satu solusi. Anda bisa membuat blog gratis di blogger, wordpress, tumblr, dan sebagainya. Cara membuat blog sangatlah mudah, jika Anda mengikuti step by step yang saya sajikan dibawah ini, saya yakin dalam beberapa jam Anda sudah bisa membuat blog anda sendiri..”

Tentu saja anda tidak bisa mengaplikasikan model kalimat diatas dalam satu paragraf saja karena akan menjadi keyword stuffing. Sebar ke dalam beberapa paragraf dan artikel anda akan menjadi lebih SEO friendly dengan variasi keyword yang natural. Semoga Anda bisa mengerti poin yang ingin saya sampaikan disini.

Jika Anda masih kurang jelas, silahkan lihat penjelasan gambar dari Moz.com berikut ini :

cara penulisan konten SEO friendly

Variasi Keyword ini juga membuat tulisan Anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords misalnya :

“Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat blog gratis. Bagi anda yang ingin eksis di internet tapi belum mempunyai modal untuk beli domain dan hosting, maka cara membuat blog gratis ini bisa menjadi salah satu solusi. Anda bisa mengaplikasikan cara membuat blog gratis ini di blogger, wordpress, tumblr, dan sebagainya. Cara membuat blog gratis sangatlah mudah, jika Anda mengikuti step by step yang saya sajikan dibawah ini, saya yakin dalam beberapa jam Anda sudah bisa membuat blog gratis anda sendiri..”

Kesimpulan

Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog Anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel Anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan diatas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan Anda bisa segera bersaing di SERP.

Saya tidak akan naif, sebagus apapun artikel Anda jika tidak disertai optimasi off-page maka tidak akan bisa maksimal di SERP, apalagi jika Anda berada di niche yang membosankan dan susah untuk menarik link bait maupun viral share (contoh: asuransi, lowongan kerja, perpajakan, dll).

Pengin tau alasannya..? Simak analisa SEO saya disini.

Orang bilang “content is the king”, tapi bagi saya umpama pemilu maka backlink dan user experience adalah orang-orang yang memberi suara agar suatu content bisa diangkat menjadi kandidat raja 😀

Baru kemudian setelah di page one giliran Google yang menentukan apakah suatu konten layak dijadikan raja atau harus dieliminasi, disuruh pulang dan disuruh berbenah lagi 😀

Jangan lupa juga melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum menentukan judul dan tema postingan agar artikel anda bisa lebih nendang di halaman pencarian. Demikianlah artikel Cara Menulis Artikel SEO Friendly , semoga bermanfaat.

The post Cara Menulis Artikel SEO Friendly appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/cara-menulis-artikel-seo-friendly/feed/ 2
Long Tail Keyword http://purwantoblog.com/long-tail-keyword/ http://purwantoblog.com/long-tail-keyword/#comments Thu, 14 Dec 2017 17:46:39 +0000 http://purwantoblog.com/?p=671 Long Tail Keyword adalah kata kunci turunan dari keyword utama. Bukan rahasia lagi kalau web baru ingin meranking di SERP harus mengandalkan long tail keyword (kata kunci turunan)  dulu sebelum …

The post Long Tail Keyword appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Long Tail Keyword adalah kata kunci turunan dari keyword utama.

Bukan rahasia lagi kalau web baru ingin meranking di SERP harus mengandalkan long tail keyword (kata kunci turunan)  dulu sebelum menembak ke keyword utama. Bukan rahasia juga kalau long tail keyword ini lebih mudah di ranking daripada keyword utama, karena persaingannya yang lebih sedikit.

Masalahnya, jumlah long tail keyword biasanya cukup banyak dengan jumlah pencarian yang rata-rata sedikit, jadi diperlukan ketelatenan dalam menulis artikel yang banyak untuk menembak keyword-keyword turunan ini.

Untuk itu saya tulis 4 cara merampok long tail keyword hanya dengan menggunakan sedikit artikel, agar Anda tidak perlu lagi capek-capek mendongkrak SERP dengan puluhan bahkan ratusan konten yang isi tulisannya kurang lebih sama 😀

Cara Pertama: Long Tail Keyword (Kata Kunci Turunan) di dalam Artikel

Cara pertama yaitu dengan memasukkan long tail keyword ke dalam artikel sebagai sub-heading (biasanya h2 atau h3).

Misal artikel Anda menembak kata kunci “cara mencari backlink” maka Anda bisa membuat berbagai sub-heading untuk turunannya seperti cara mencari backlink manual, cara mencari backlink gratis, cara mencari backlink dofollow, cara mencari backlink berkualitas dan sebagainya. Dari sub-heading ini bisa di sub lagi seperti misalnya cara mencari backlink gratis .edu, cara mencari backlink gratis .gov, dan sebagainya.

Atau misal Anda menembak keyword “model baju hamil kerja “, maka Anda bisa membuat sub-heading seperti model baju hamil kerja perawat, model baju hamil kerja kantor, model baju hamil kerja muslim, model baju hamil kerja batik dan sebagainya.

contoh long tail keyword model baju hamil kerja

Cara ini membutuhkan kerja ekstra di bagian pemilihan keyword turunan dan penulisan artikelnya. Rata-rata artikel jenis ini mempunyai panjang lebih dari 400 kata karena membutuhkan penjabaran untuk tiap-tiap sub-heading. Sisi positifnya, artikel yang berhasil meranking dengan cara ini biasanya mempunyai posisi yang cukup stabil di search engine.

Cara Kedua: Long Tail Keyword (Kata Kunci Turunan) di dalam Gambar

Cara ini lebih mudah, cepat dan tidak terlalu njelimet dalam proses riset keyword. Tinggal cari gambar-gambar yang related dengan keyword-keyword turunannya, kemudian sebar di sepanjang artikel. Jangan lupa untuk memasukkan keyword turunan tersebut di bagian alt image.

Tambahkan juga di bagian caption dan deskripsi jika Anda mau bercapek-capek ria 🙂

Mau index lebih banyak ? setting file tujuan ke attachment. Tapi hati-hati jika dipakai adsense karena jika tanpa auto deskripsi maka halaman attachment Anda akan menampilkan gambar saja (tanpa konten teks).

Niche yang cukup potensial menggunakan cara kedua ini adalah niche yang membutuhkan banyak gambar seperti fashion, gaya rambut, otomotif, wallpaper dan sebagainya.

Dan dari trend yang saya amati, banyak blog-blog adsense lokal yang meranking menggunakan cara ini. Apakah Anda salah satu diantaranya ? 😀

Cara Ketiga: Long Tail Keyword (Kata Kunci Turunan) di Generate dari STT2

Cara ini lebih mudah lagi. Tapi hanya untuk risk takers.

Download pluginnya disini. Kemudian pasang incoming search terms nya di bagian bawah artikel. Agar tidak terlalu spamming, biasanya saya hanya membatasi sampai 10 keyword yang tampil per halaman.

Jika Anda takut di penalty Google karena keyword stuffing, maka lewati cara ini. Saya sendiri sampai sekarang alhamdulillah fine-fine saja dengan plugin kebanggaan anak negeri ini 😀

Untuk blog adsense mungkin plugin ini kurang aman karena sifatnya yang auto generated.

Cara Keempat: Long Tail Keyword (Kata Kunci Turunan) di dalam Anchor Text backlink (off-page)

Cara ini sekaligus untuk meminimalisir penalty issue karena backlink yang berlebihan dari exact match anchor text. Dengan menggunakan anchor text dari long tail keyword, anda juga bisa mengurangi porsi generic keyword seperti click here, read more, klik disini, visit this site dan sebagainya.

Jangan lupa untuk tetap menambahkan variasi anchor text lain seperti branded, naked, partial, LSI hingga image anchor text (backlink di dalam gambar).

Kesimpulan

Membangun website baru membutuhkan tenaga ekstra untuk optimasi baik on-page maupun off-page. Dengan membidik beberapa long tail keyword dalam 1 artikel, Anda sudah menghemat waktu dari segi optimasi on-page di dalam artikel, dan menghemat biaya jika membayar content writer (penulis konten). Dari segi optimasi off-page, Anda tidak perlu pusing-pusing dengan penalty issue untuk anchor text yang berlebihan karena dengan keyword turunan maka keyword utama Anda menjadi lebih bervariasi.

Dan nantinya seiring dengan waktu, ketika keyword turunan sudah mulai meranking, biasanya keyword utama akan naik dengan sendirinya. Juga sebaliknya, jika keyword utama naik, turunannya kemungkinan besar juga ikut terdongkrak.

Dari keempat cari di atas, cara nomor 2,3 dan 4 adalah yang paling sering saya gunakan. Untuk cara pertama agak jarang karena tidak semua jenis keyword bisa diaplikasikan dengan cara tersebut.

Dan berikut trafik salah satu blog lokal saya menggunakan cara diatas, yang digabungkan dengan teknik penulisan artikel seo disini

trafik blog menggunakan long tail keyword

Umur blog baru 4 bulan, itupun saya beri backlink baru di bulan ketiga.

Jumlah postingan 13 biji

published post

So.. Inilah cara saya dalam merampok long tail keyword, cara manakah yang Anda gunakan ?

The post Long Tail Keyword appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/long-tail-keyword/feed/ 2
Cara Riset Keyword SEO http://purwantoblog.com/cara-riset-keyword-seo/ http://purwantoblog.com/cara-riset-keyword-seo/#comments Wed, 13 Dec 2017 17:35:53 +0000 http://purwantoblog.com/?p=665 Riset keyword adalah sebuah keharusan untuk membangun website komersil yang profitable. Karenanya, mengetahu cara riset keyword yang baik dan benar merupakan pondasi utama untuk optimasi keseluruhan website nantinya baik itu …

The post Cara Riset Keyword SEO appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Riset keyword adalah sebuah keharusan untuk membangun website komersil yang profitable. Karenanya, mengetahu cara riset keyword yang baik dan benar merupakan pondasi utama untuk optimasi keseluruhan website nantinya baik itu untuk optimasi on-page maupun off-page.

Tanpa riset keyword yang benar, sebuah website bisa jadi merugi dengan biaya yang dikeluarkan untuk proses optimasi karena keyword yang di bidik tidak tepat atau kurang profitable, walaupun sudah menggunakan artikel yang seo friendly. Apalagi jika menggunakan PBN, tentu akan tambah membengkak biaya kerugiannya.

Karena itu banyak bermunculan tools/software baik yang gratis maupun berbayar yang ditujukan untuk memudahkan kita dalam melakukan riset keyword.

Meski menggunakan tools/software dapat mempermudah dan mempercepat dalam melakukan riset, adakalanya kebosanan menghinggapi karena keyword yang kita dapat itu-itu saja (karena tools yang kita gunakan juga itu-itu saja).

Banyak juga yang mengeluh kesulitan menemukan keyword yang low competition meski sudah menggunakan tools premium. Permasalahannya mungkin bukan pada toolsnya, tapi kreativitas kita dalam mengolah data keyword yang di input ke dalam tools tersebut. Terutama karena tools yang kebanyakan beredar (terutama yang gratisan) mengambil keyword dari database yang sama, yakni Google External Keyword Tool yang kini berubah nama menjadi Keyword Planner.

Oleh karena itu, berikut ini akan saya beberkan 8 cara mudah menemukan ide keyword yang belum banyak terjamah, yang nantinya bisa Anda olah lebih lanjut kedalam tools-tools gratisan maupun premium Anda.

1. Wikipedia

Mau cari arti istilah asing apa saja, sepertinya jawabannya semua ada disini.

Selain sebagai perpustakaan online, Wikipedia juga bisa dijadikan tempat untuk brainstorming ide keyword.

Tinggal masukkan keyword yang ingin Anda explore ke kotak search, maka Wikipedia akan menyuguhkan semua kata-kata atau istilah yang berhubungan dengan keyword tersebut (bagus juga dipakai untuk mencari LSI).

cara riset keyword dengan wikipedia

ide keyword research menggunakan wikipedia

Anda bebas berkreativitas disini karena setiap keyword akan menghasilkan keyword-keyword baru yang jika di diklik akan menghasilkan keyword-keyword baru lainnya (tahu sendiri kan bagaimana model internal link di situs ini).

Anda juga harus hati-hati agar tidak mengalami information overload karena banyaknya informasi yang disajikan.

2. SEO SearchTerms Tagging 2 (STT2)

SEO SearchTerms Tagging 2 atau biasa dikenal dengan sebutan STT2 ini tentunya sudah tidak asing bagi Anda. Plugin buatan Om Purwedi ini adalah salah satu plugin favorit saya, meski belakangan mulai ditinggalkan oleh banyak penggunanya karena takut dengan algoritma terbaru Google.

Namun, tidak semua meninggalkan plugin ini karena banyak juga yang masih keukeuh memakai (termasuk saya). Analisa pribadi saya, bukan pluginnya yang membuat deindex/sandbox, tapi cara pemakaian (setting) usernya yang menentukan.

Buktinya, masih banyak blog-blog dengan STT2 berkeliaran di search engine. Dan ini bisa jadi salah satu sumber untuk ide riset keyword nantinya. Caranya ?

Masuk ke halaman pencarian google. Masukkan keyword yang ingin Anda cari disertai kalimat “incoming search terms”. Contoh seperti pada gambar :

google keyword incoming search terms

Klik pada hasil pencarian dan cari yang sesuai dengan keyword yang Anda cari. Contohnya seperti ini :

hasil stt2 incoming search terms

Anda juga bisa menggunakan footprint STT2 yang lain seperti “popular search terms” atau “random search terms”

hasil stt2 popular search terms

Banyak pemakai STT2 yang mengedit judul default search terms jadi kadang tidak masuk kedalam hasil pencarian. Tapi itu bukan masalah besar karena banyak juga pemakai yang membiarkan judul search terms STT2 mereka di posisi default. Jadi Anda tetap punya resource untuk keyword yang Anda cari.

3. Fitur Category di Article Directory

Browsing article-article direktori yang tersedia di internet, dan lihat kategori-kategori yang ada. Biasanya setiap kategori mempunyai sub-sub kategori lagi yang lebih banyak jumlahnya. Sub-sub kategori inilah yang bisa Anda jadikan ide keyword.

Untuk yang satu ini favorit saya ada di EzineArticles.com.

Contoh untuk sub kategori Health :

cara riset keyword dengan ezine articles

4. Komentar Spam

Ide untuk riset keyword dari komentar spam bisa dicari lewat website-website ber-PR gede yang komentarnya dofollow. Untuk mendapatkan list website ber-PR gede cukup mudah, tinggal browsing listnya di google (usahakan cari yang di share di forum).

Spammer yang masuk ke blog lewat blog komen hampir pasti memasukkan keyword yang dia seo-kan ke kotak komentar (entah itu di body komen atau di kolom nama).

Kenapa harus PR gede dan dofollow ? Karena backlink jenis ini dipercaya lebih berkualitas, jadi yang berkomentar biasanya lebih banyak.

ide riset keyword menggunakan blog dofollow

5. Google Autocomplete (Suggestions)

Untuk ini mungkin sudah banyak yang tahu, tinggal search salah satu keyword Anda di Google, maka Algoritma google akan otomatis memberikan sugesti/saran untuk keyword-keyword long tail yang banyak dicari.

Saran saya, gunakan kotak search yang ada di bagian toolbar (Mozilla) karena biasanya resultnya lebih banyak.

riset keyword menggunakan google suggestion

6. Google Related Search

Ini juga sepertinya sudah banyak yang tahu. Masuk ke halaman pencarian Google, ketik keyword yang ingin Anda explore, kemudian tekan tombol search. Dibagian bawah pencarian akan muncul keyword-keyword yang related/berhubungan dengan keyword utama Anda.

keyword research with google related search

Dari keyword-keyword related tersebut Anda bisa search lagi di Google untuk mendapatkan related keyword lainnya. Begitu seterusnya.

Anda juga bisa memasukkan related keyword yang Anda dapatkan ke dalam search box wikipedia untuk menghasilkan ide-ide keyword yang baru lagi (tergantung kreativitas Anda).

7. Kompetitor Keywords (AIO SEO Pack/Platinum SEO Pack/Yoast SEO)

Meski tidak bisa dipakai untuk semua website, trik ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk mencari ide keyword.

Caranya, masuk ke Google dan masukkan keyword yang ingin Anda ranking. Klik hasil pencarian yang muncul, cari blog yang menggunakan CMS wordpress dan lihat source codenya (dengan ctrl+U). Kemudian cari meta name keywordnya.

meta keyword plugin seo untuk riset

Cara ini agak lama diproses seleksi website karena tidak semua hasil pencarian menggunakan CMS wordpress. Dan juga tidak semua blog yg bermesin wordpress menggunakan plugin SEO. Namun sebagai alternatif, cara ini layak dicoba.

8. Histats

Yang terakhir, Histats. Web tracking yang satu ini sangat populer dan banyak digunakan oleh para blogger maupun internet marketer diseluruh dunia.

Meski ada fasilitas penguncian (private) pada setting tracking, banyak juga yang tidak perhatian dan membiarkan statistik websitenya terbuka.

Untuk mendapatkan ide keyword dengan cara ini, masuk ke halaman pencarian dan ketik site:www.histats.com

Anda juga bisa menambahkan keyword pilihan untuk mendapatkan ide keyword yang lebih tertarget.

Klik hasil pencarian satu-persatu untuk melihat website yang ingin Anda intip keywordnya.

Jika beruntung Anda bisa mengintip keyword untuk website dengan trafik seperti ini :

alternatif keyword research via histat

ide riset keyword dengan histat

Namun tidak semua tracking di unlocked jadi Anda mesti bersabar di step ini. Kadang juga ada yang setengah fitur di lock setengannya di unlock. Seperti fitur summary, referral sites, search engines dan sebagainya. Yang kita cari disini adalah yang fitur search engines nya terbuka.

histat search engines yang terbuka (unlocked)

Beberapa contoh hasil yang saya dapat :

alternatif keyword research histat blog indo lokal

alternatif riset keyword histat blog bule luar

KESIMPULAN

Tools premium ataupun gratisan, penggunanya bukan hanya Anda saja, namun jutaan orang di dunia ini. Jadi jika menggunakan cara riset keyword yang biasa, tentu Anda akan kesulitan karena harus bersaing dengan jutaan orang yang menggunakan alat yang sama.

Dengan menggunakan 8 cara alternatif diatas, semoga Anda bisa mendapatkan ide-ide keyword yang baru, yang fresh, dan bisa saja yang belum terdeteksi oleh tools-tools premium yang ada.

Ini adalah cara-cara alternatif saya untuk brainstorming ide keyword tanpa tools/software.

The post Cara Riset Keyword SEO appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/cara-riset-keyword-seo/feed/ 3
Cara Setting Plugin Wordfence Untuk Menghapus Malware http://purwantoblog.com/cara-setting-plugin-wordfence-untuk-menghapus-malware/ http://purwantoblog.com/cara-setting-plugin-wordfence-untuk-menghapus-malware/#comments Wed, 13 Dec 2017 02:00:51 +0000 http://purwantoblog.com/?p=504 Sebagai salah satu CMS yang paling banyak digunakan di dunia, website WordPress kerap dijadikan sasaran para peretas. Kami tidak mengatakan bahwa sistem yang dimiliki WordPress tidak aman. Hanya saja, Anda …

The post Cara Setting Plugin Wordfence Untuk Menghapus Malware appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Sebagai salah satu CMS yang paling banyak digunakan di dunia, website WordPress kerap dijadikan sasaran para peretas. Kami tidak mengatakan bahwa sistem yang dimiliki WordPress tidak aman. Hanya saja, Anda perlu mempersiapkan diri sewaktu-waktu website WordPress Anda terkena serangan.

Serangan malware dapat sangat menyusahkan website WordPress Anda. Bentuk serangannya pun bermacam-macam, mulai dari pencurian informasi login, error pada kode template, hingga melakukan exploit pada instalasi WordPress.

Nah, Cara Setting Plugin Wordfence Untuk Menghapus Malware akan kami jelaskan dalam tutorial kali ini secara detil.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke dashboard admin WordPress

Langkah 1: Backup File dan Database Website Anda

Pertama-tama Anda perlu melakukan backup terlebih dahulu. Langkah ini perlu Anda prioritaskan guna mengantisipasi hal yang tidak terduga, misalnya tidak sengaja menghapus file selama proses perbaikan dilakukan.

Silakan ikuti tutorial cara download file backup website untuk melakukan backup pada website Anda.

Langkah 2: Scan Instalasi WordPress dengan Wordfence

Ada berbagai macam plugin yang dapat Anda gunakan untuk melakukan scan pada website WordPress.

Salah satunya adalah WordFence. Beberapa fitur menarik yang dapat Anda gunakan meliputi scan, firewall, pemblokiran, memantau percobaan login, dan lain-lain.

Selain itu, Wordfence juga dapat melakukan restore atau modifikasi file yang terinfeksi pada website WordPress Anda.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Silakan instal dan aktifkan plugin WordFence. Jika Anda belum mengetahui caranya, silakan ikuti tutorial cara menginstal plugin WordPress.

2. Setelah Anda instalasi selesai dan Anda telahmengaktifkan plugin WordFence, Anda akan melihat menu baru pada dashboard WordPress yaitu Wordfence. Silakan klik menu Options yang berada di dalam menu Wordfence.

menghapus malware wordpress

3. Pada bagian menu Options, akan tampil bagian dari Scans to include. Anda pun dapat mengatur pilihan scan pada bagian ini. Aktifkan plugin untuk cek template maupun plugin yang diinstal dan membandingkannya dengan yang ada di WordPress.org.

Anda juga dapat mengaktifkan fungsi untuk mencari lokasi dari file yang terinfeksi diluar instalasi WordPress dan juga mengecek gambar. Silakan pilih fitur yang ingin Anda gunakan ketika melakukan scan, kemudian klik Save Changes.

scan malware wordpress

4. Selanjutnya buka menu Scan pada plugin Wordfence.

menu scan wordfence

5. Pada halaman scan, silakan klik Start a Wordfence scan untuk memulai scan pada website Anda. Untuk lama proses scan akan memerlukan waktu berdasarkan ukuran file pada website, jadi silakan untuk ditunggu sampai proses scan selesai.

Setelah proses scan selesai, hasil scan dapat Anda lihat pada kolom Scan Summary.

scan malware

5. Jika plugin ini menemukan file yang terinfeksi, maka akan ada pemberitahuan pada kolom summary atau pada bagian bawah dari halaman scan.

Tergantung file pada website Anda, mungkin Anda perlu untuk menghapusnya atau mengekstract code berbahaya, jika code tersebut dimasukkan pada file website Anda.

Langkah 3: Perbaharui instalasi WordPress

Jika Anda sudah menggunakan plugin Wordfence tapi gagal menghilangkan malware dari WordPress, silakan untuk memperbaharui instalasi WordPress, berikut langkahnya:

1. Silakan akses folder instalasi WordPress Anda, dapat melalui FTP klien atau File Manager. Kemudian hapus file instalasi WordPress kecuali folder wp-content dan file wp-config.php. Berikut tampilan folder instalasi WordPress setelah dihapus.

instalasi wordpress

2. Kemudian akses folder wp-content dan cek folder Plugins dan Themes. Pastikan hanya terdapat folder plugin dan template yang Anda gunakan. Disarankan untuk menghapus plugin dan template yang tidak digunakan.

3. Silakan unduh paket instalasi WordPress terbaru.

4. Setelah file instalasi WordPress sudah didownload, silakan upload ke dalam folder instalasi WordPress Anda. Pastikan untuk folder wp-content dan file wp-config.php menggunakan folder dan file website Anda sebelumnya.

5. Silakan akses website Anda, jika berjalan dengan baik, maka masalah malware sudah teratasi.

Kesimpulan

Pada tutorial ini, Anda telah belajar bagimana melakukan scan dan menghapus malware pada website WordPress dengan bantuan plugin Wordfence. Jika menggunakan plugin tersebut gagal, pilihan lainnya adalah dengan memperbaharui instalasi WordPress Anda dan menghapus file atau folder yang terinfeksi. Guna menghindari masalah tersebut, silakan ikuti tutorial cara mengamankan WordPress.

The post Cara Setting Plugin Wordfence Untuk Menghapus Malware appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/cara-setting-plugin-wordfence-untuk-menghapus-malware/feed/ 19
Cara Setting Plugin Content Warning http://purwantoblog.com/cara-setting-plugin-content-warning/ http://purwantoblog.com/cara-setting-plugin-content-warning/#comments Tue, 12 Dec 2017 02:00:11 +0000 http://purwantoblog.com/?p=497 Mengelola website tidak sulit. Hanya saja, Anda mengembang tanggung jawab lebih,terutama jika konten yang Anda tampilkan ditujukan untuk usia tertentu saja. Dalam situasi ini Anda perlu mengetahui Cara Setting Plugin …

The post Cara Setting Plugin Content Warning appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Mengelola website tidak sulit. Hanya saja, Anda mengembang tanggung jawab lebih,terutama jika konten yang Anda tampilkan ditujukan untuk usia tertentu saja. Dalam situasi ini Anda perlu mengetahui Cara Setting Plugin Content Warning sebagai kolom peringatan konten sebagai bentuk kepedulian mengenai siapa yang dapat mengakses konten yang Anda buat.

Anda perlu membuat filter untuk visitor yang mengakses konten Anda. Filter ini sifatnya peringatan, misalnya konten hanya dapat dilihat oleh pengunjung berusia 18 ke atas.

Menggunakan WordPress, Anda dapat dengan mudah membuatnya. Berbekal pemasangan plugin Anda dapat membuat pemberitahuan batas usia minimal yang diperbolehkan untuk mengakses konten Anda.

peringatan konten wordpress

Ada beberapa plugin yang dapat Anda gunakan untuk memasang peringatan konten, salah satunya adalah Content Warning yang dapat Anda instal secara gratis.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke dashboard WordPress

Berikut ini adalah Cara Setting Plugin Content Warning untuk membuat peringatan konten pada WordPress …

Langkah 1: Instal Plugin Content Warning

Silakan lakukan instalasi plugin Content Warning dan aktifkan, jika Anda belum mengetahui caranya, silakan ikuti tutorial cara instal plugin WordPress atau langkah di bawah ini:

1. Login ke dashboard WordPress.

2. Pilih menu Plugins > Add New.

instal plugin

3. Ketikkan content warning pada kolom pencarian, kemudian klik tombol Install Now pada plugin Content Warning.

peringatan konten

4. Setelah itu, silakan aktifkan plugin tersebut dengan menekan tombol Activate.

aktifkan plugin

Langkah 2: Lakukan Pengaturan

Setelah berhasil menginstal plugin, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan guna menampilkan peringatan konten ketika website Anda diakses.

1. Silakan pilih menu Settings > CWV2 Options.

plugin peringatan konten

2. Lakukan pengaturan pada beberapa bagian sesuai yang Anda inginkan.

General Settings

peringatan website

Pada bagian General Settings Anda dapat melakukan pengaturan untuk menampilkan pop up peringatan konten pada kategori, halaman, dan masa aktif cookie dari pop up yang ditampilkan dalam hitungan hari.

Dialog Settings

peringatan usia

Pada bagian ini Anda dapat melakukan pengaturan untuk dialog pada pop up ketika website Anda diakses. Dialog Title berisi judul dan Dialog Message berisi penjelasan singkat mengenai peringatan konten pada website Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan gambar dengan mengunggahnya melalui menu Add Media.

tombol popup

Terdapat dua pengaturan tombol: tombol keluar dan tombol persetujuan untuk mengakses konten. Tombol keluar dapat diisi dengan URL tujuan yang Anda inginkan. Jika Anda kosongkan, secara otomatis Anda akan diarahkan ke Google.

verifikasi usia wordpress

Pada bagian Background Image, Anda dapat menambahkan gambar untuk menutupi konten. Silakan sesuaikan ukurannya dengan ukuran di website Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur opacity background mulai dari 0-1.

Jika sudah selesai, silakan simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes.

Untuk melakukan pengecekan, silakan akses website Anda melalui private browser. Anda juga dapat menggunakan mode incognito melalui Google Chrome.

Kesimpulan

Cara Setting Plugin Content Warning untuk menambahkan peringatan konten pada website dengan CMS WordPress tidaklah sulit dilakukan. Anda hanya memerlukan waktu cukup singkat.

Silahkan baca juga Cara Setting Plugin Yoast SEO dan Cara Membuat Formulir Kontak Dengan Contact Form 7.

The post Cara Setting Plugin Content Warning appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/cara-setting-plugin-content-warning/feed/ 1
Plugin Tanya Jawab WordPress Terbaik http://purwantoblog.com/plugin-tanya-jawab-wordpress-terbaik/ http://purwantoblog.com/plugin-tanya-jawab-wordpress-terbaik/#respond Mon, 11 Dec 2017 02:00:50 +0000 http://purwantoblog.com/?p=515 Apakah Anda berkeinginan memiliki website WordPress dengan forum diskusi? Jika ya, plugin tanya jawab WordPress akan membantu Anda. Alasan utamanya, plugin tanya jawab berikut fiturnya akan memudahkan aktivitas diskusi antar …

The post Plugin Tanya Jawab WordPress Terbaik appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Apakah Anda berkeinginan memiliki website WordPress dengan forum diskusi? Jika ya, plugin tanya jawab WordPress akan membantu Anda. Alasan utamanya, plugin tanya jawab berikut fiturnya akan memudahkan aktivitas diskusi antar pengunjung website Anda.

Seperti apa jadinya? Bayangkan website tanya jawab seperti Quora atau Stack Overflow. Anda bisa membuatnya sendiri di website Anda menggunakan plugin tanya jawab. Selengkapnya silakan ikuti ulasan kami, ya 😊

Berikut ini kami berikan daftar plugin tanya jawab WordPress …

1. DW Question & Answer

dw question & answer

DW Question & Answer merupakan plugin yang dibangun dengan sistem tanya jawab untuk website WordPress, dengan fitur seperti Quora atau Stack Overflow. Plugin ini tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Tentu hal ini akan memudahkan Anda serta para pengunjung karena beragam tampilan telah tersedia dalam bahasa lokal. Silakan instal plugin serta lakukan sedikit pengaturan di sana, dan forum tanya jawab pada website dapat segera Anda gunakan.

2. WP Foro

wp foro

WP Foro sebenarnya merupakan plugin forum seperti bbPress. Hanya saja, plugin ini lebih menarik karena memiliki fitur tambahan untuk tanya jawab. Tampilannya yang mirip Stack Overflow akan memudahkan pengunjung karena terlihat serta terasa lebih familiar. Di samping itu, pengunjung juga dapat melakukan vote untuk setiap pertanyaan maupun jawaban. Syaratnya pun mudah, Anda hanya perlu register terlebih dahulu.

3. CM Answers

cm answers

CM Answers memungkinkan pengguna untuk menerbitkan pertanyaan serta jawaban seperti Stack Overflow. Beberapa fitur yang tersedia meliputi voting, moderasi, notifikasi dan lain-lain.

Plugin ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan fitur seperti private message serta fitur untuk melakukan subscribe pada kategori atau topik tertentu untuk mendapatkan notifikasi ketika ada komentar baru.

Untuk mengirimkan petanyaan maupun jawaban, pengunjung dapat login menggunakan akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedln, Google+ serta Microsoft Live. Pengunjung juga diberikan pilihan apakah akan menerima pemberitahuan atau tidak apabila pertanyaan mereka dijawab oleh seseorang.

4. AnsPress

plugin tanya jawab wordpress

AnsPress – Question and Answer adalah plugin yang dapat Anda gunakan sebagai pilihan untuk membuat forum tanya jawab pada website Anda. Terdapat fitur yang cukup lengkap untuk versi gratis dari plugin ini.

Layaknya plugin tanya jawab WordPress lainnya, plugin ini juga memiliki fitur menarik seperti menu untuk pencarian, widget untuk kategori, vote dan lain-lain.

Kesimpulan

Dalam ulasan di atas, kami telah membagikan beberapa plugin yang palin direkomendasikan untuk membuat fitur tanya jawab pada sebuah website WordPress.

The post Plugin Tanya Jawab WordPress Terbaik appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/plugin-tanya-jawab-wordpress-terbaik/feed/ 0
Plugin Gratis Untuk Memasang Iklan di WordPress http://purwantoblog.com/plugin-gratis-untuk-memasang-iklan-di-wordpress/ http://purwantoblog.com/plugin-gratis-untuk-memasang-iklan-di-wordpress/#respond Sun, 10 Dec 2017 02:00:38 +0000 http://purwantoblog.com/?p=510 Iklan dikenal sebagai salah satu cara menjadikan website sebagai mesin uang. Bahkan, banyak pelanggan yang menghubungi kami untuk sekedar bertanya, bagaimana cara memasang iklan di WordPress? Tentu, alasannya agar mereka …

The post Plugin Gratis Untuk Memasang Iklan di WordPress appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Iklan dikenal sebagai salah satu cara menjadikan website sebagai mesin uang. Bahkan, banyak pelanggan yang menghubungi kami untuk sekedar bertanya, bagaimana cara memasang iklan di WordPress? Tentu, alasannya agar mereka bisa menghasilkan banyak uang dari sana.

Dibandingkan dengan platform lain, memasang iklan di WordPress terbilang mudah. Di WordPress, ada bermacam-macam jenis plugin untuk memasang iklan yang dapat Anda gunakan. Beberapa di antaranya malah bertujuan secara spesifik untuk meningkatkan pendapatan iklan Anda.

Coba Anda perhatikan, lazimnya website besar dengan banyak pengunjung memasang iklan sebagai sumber pendapatan. Model yang paling lazim digunakan adalah dengan Google AdSense. Selain itu, banyak juga yang mengandalkan iklan afiliasi maupun sekedar menampilkan produk yang mereka tawarkan.

Posisi iklan dalam postingan sangatlah krusial. Buat apa memasang iklan di posisi yang jarang dijamah? Idealnya, posisi iklan perlu disesuaikan dengan perilaku pengunjung website Anda sendiri – apakah itu di bagian atas, tengah, ataupun bagian akhir postingan. Jika website Anda menggunakan WordPress, pengaturan ini bukanlah masalah. Anda hanya cukup menginstal plugin untuk memasang iklan.

Di bawah ini kami memiliki daftar plugin untuk memasang iklan di WordPress guna meningkatkan pendapatan website Anda.

Berikut adalah plugin gratis untuk memasang iklan di WordPress …

1. Ad Inserter

plugin untuk memasang iklan di wordpress

Plugin pertama yang ada dalam ulasan ini adalah Ad inserter. Jika Anda memiliki kebutuhan menempatkan beberapa unit iklan dalam posisi tertentu, Ad Inserter adalah plugin yang tepat. Ad Inserter mendukung kode iklan berupa HTML maupun Javascript dan PHP, sehingga mendukung berbagai jenis iklan seperti Adsense serta afiliasi.

Meskipun tersedia versi berbayar, fitur pada versi gratis sudah cukup maksimal untuk menampilkan iklan seperti AdSense. Untuk versi gratis, Anda dapat memasang hingga 16 slot kode.

Anda dapat memilih sendiri posisinya, baik itu sebelum konten, setelah konten, ataupun meletakkannya pada ‘blok’ sekian persen dari konten Anda. Terdapat juga pilihan menampilkan iklan hanya pada halaman atau postingan tertentu, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

2. AdRotate

adrotate banner manager

AdRotate dapat Anda gunakan untuk memasang berbagai jenis iklan seperti AdSense, afiliasi, Chitika, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat laporan untuk melihat impresi dan klik pada iklan Anda.

Anda juga dapat menentukan jadwal, misalnya plugin iklan akan muncul setelah impresi atau klik tertentu. Jika iklan berakhir sesuai dengan masa aktif yang telah ditentukan, Anda dapat mengatur pemberitahuan melalui email atau perangkat seluler Anda. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah AdRotate dapat menampilkan iklan bedasarkan lokasi tertentu.

Anda dapat melihat performa semua iklan, misalnya CTR, statistik harian dan bulanan dan dapat diekspor ke dalam file CSV. Bahkan, plugin ini dapat mendeteksi penggunaan ad blocker. Jika pengunjung terdeteksi menggunakan ad blocker, notifikasi otomatis akan segera muncul untuk meminta pengunjung menonaktifkan ad blocker terlebih dahulu.

3. WP-Insert

wp insert

Plugin WP-Insert merupakan plugin untuk memasang iklan yang memungkinkan Anda mengatur iklan dan melakukan optimasi seperti Google Adsense. Plugin ini tidak hanya memiliki fungsi untuk memasang iklan, tapi dapat juga mengatur code tracking seperti Google Analytics.

WP-Insert mendukung berbagai jaringan iklan seperti Adsense, Chitika AdBrite dan lainnya. Anda dapat menggunakan 20 widget untuk memasang iklan. Setiap widget dapat Anda atur untuk penjadwalan.

Anda dapat menempatkan iklan pada bagian atas, bawah, samping kanan dan kiri dari konten. Dilengkapi dengan algoritma yang dapat menempatkan iklan Anda dibagian tengah konten. Selain itu masih banyak fungsi menarik lainnya seperti fasilitas A/B testing untuk memantau posisi iklan dengan performa terbaik.

Kesimpulan

Tiga plugin di atas dapat Anda jadikan andalan dalam memasang iklan di WordPress. Pengaturannya dijamin mudah dan dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan berikut posisi manapun yang Anda inginkan. Masing-masing plugin yang kami ulas memiliki kegunaan masing-masing. Untuk menempatkan iklan pada posisi yang spesifik, misalnya pada posisi atau artikel tertentu, Anda dapat mencoba Ad Inserter.

Kemudian, apabila Anda memerlukan pengaturan untuk menampilkan dengan jangka waktu tertentu dapat menggunakan AdRotate. Anda juga dapat bereksperimen dengan plugin WP-Insert untuk melakukan pengetesan mengenai penempatan iklan dengan performa terbaik.

The post Plugin Gratis Untuk Memasang Iklan di WordPress appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/plugin-gratis-untuk-memasang-iklan-di-wordpress/feed/ 0
Cara Memblokir IP Address http://purwantoblog.com/cara-memblokir-ip-address/ http://purwantoblog.com/cara-memblokir-ip-address/#respond Sat, 09 Dec 2017 02:00:14 +0000 http://purwantoblog.com/?p=542 Melalui tutorial ini Anda akan mengetahui Cara Memblokir IP Address dengan menggunakan fitur IP Blocker di cPanel. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memblokir  IP address untuk mencegah website Anda diakses. …

The post Cara Memblokir IP Address appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Melalui tutorial ini Anda akan mengetahui Cara Memblokir IP Address dengan menggunakan fitur IP Blocker di cPanel. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memblokir  IP address untuk mencegah website Anda diakses. Di sini Anda juga dapat memasukkan nama domain. Fitur ini cukup berguna ketika Anda ingin mencegah akses ke website Anda dari user atau nama domain yang tidak diinginkan.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Akses ke cPanel hosting
  • Alamat IP atau nama domain yang ingin diblokir

Berikut ini adalah cara memblokir IP address melalui cPanel …

Langkah 1: Mengakses cPanel dan pilih fitur IP Blocker

Silakan akses cPanel Anda, kemudian pilh fitur IP Blocker yang ada pada kolom Security.

cara memblokir ip address

Langkah 2: Memblokir IP address atau Domain

Anda dapat memasukkan alamat IP sesuai dengan format di bawah ini:

  • Single IP Address – Format ini akan memblokir satu IP yang Anda masukkan pada kolom isian, misalnya: 192.168.0.1
  • Range – Format ini akan memblokir IP address dengan jarak tertentu. Hubungkan dengan tanda baca ‘strip’, misalnya: 192.168.0.1-192.168.0.40
  • Implied Range – Format ini akan memblokir jarak tertentu dari IP untuk mengakses website Anda. Pilihan ini merupakan alternatif dari format di atas, misalnya: 192.168.0.1-40
  • CIDR Format – Format ini akan memblokir subnet dari IP secara spesifik, misalnya: 192.168.0.1/32
  • IP Tertentu – Format ini menentukan tiga angka pertama, misalnya 192. Sistem akan memblokir seluruh IP yang diawali dengan 192, misalnya: 192.xxx.x.x

blokir ip

1. Untuk mulai memblokir, silakan masukkan alamat IP (contoh 192.168.0.5) atau nama domain dan tekan tombol Add. Setelah itu Anda akan melihat pesan bahwa IP tersebut tidak akan bisa mengakses website Anda.

cara blokir ip

2. Silakan tekan tombol Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.

blokir alamat ip

3. Setelah melalui langkah di atas, semestinya Anda sudah melihat alamat IP yang diblokir.

Kesimpulan

Kini Anda telah mengetahui cara memblokir IP address melalui cPanel supaya website Anda tidak dapat diakses dari IP address tertentu. Selain itu Anda juga dapat memblokir semua IP kecuali IP anda, supaya website hanya dapat diakses oleh Anda seorang.

Silahakan baca juga Cara Mengetahui Penggunaan Disk Space WordPress dan Modifikasi Mode Maintenance WordPress

The post Cara Memblokir IP Address appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/cara-memblokir-ip-address/feed/ 0
Modifikasi Mode Maintenance WordPress http://purwantoblog.com/modifikasi-mode-maintenance-wordpress/ http://purwantoblog.com/modifikasi-mode-maintenance-wordpress/#comments Fri, 08 Dec 2017 02:00:39 +0000 http://purwantoblog.com/?p=525 Halaman WordPress Maintenance Mode biasanya muncul ketika Anda melakukan update pada WordPress, baik itu plugin maupun template-nya. Di halaman ini biasanya kurang diperhatikan sehingga memiliki tampilan yang tidak terlalu menarik. …

The post Modifikasi Mode Maintenance WordPress appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Halaman WordPress Maintenance Mode biasanya muncul ketika Anda melakukan update pada WordPress, baik itu plugin maupun template-nya. Di halaman ini biasanya kurang diperhatikan sehingga memiliki tampilan yang tidak terlalu menarik. Tentu hal ini akan memberikan dampak yang kurang bagus bagi reputasi perusahaan Anda, bukan?

Dalam artikel ini kami akan membahas cara membuat mode maintenance agar Anda tampil lebih profesional berbekal plugin WP Maintenance Mode.

Gambaran Mengenai WordPress Maintenance Mode

WordPress Maintenance Mode merupakan fitur yang dikenalkan pada versi 3.0. Mode ini akan muncul ketika Anda melakukan update pada WordPress ataupun template dan plugin dengan pesan: Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.

mode mantenance

Sebagian proses backend akan berhenti selama beberapa saat (biasanya dalam hitungan detik) selama proses instalasi update. WordPress akan menggunakan function wp_maintenance dan membuat file .maintenance yang berisi pesan maintenance tersebut. Setelah proses update selesai, file tersebut akan dihapus dan website dapat diakses seperti semula.

Fitur Menarik Plugin WP Maintenance Mode

  • Mengubah warna, teks, dan background.
  • Form subscribe.
  • Timer untuk waktu yang tersisa.
  • Contact form untuk menerima email dari pengunjung.
  • Halaman coming soon.
  • Desain responsive.
  • Ikon sosial media.
  • Pengecualian URL tertentu dari mode maintenance.

halaman maintenance

Apa yang Anda Butuhkan?

Untuk memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

Membuat Halaman Maintenance dengan Plugin WP Maintenance Mode

Ada beberapa cara untuk membuat tampilan halaman WordPress Maintenance Mode tampak lebih profesional. Tutorial ini akan membahas cara membuat halaman maintenance melalui plugin WP Maintenance Mode. Plugin ini dapat Anda gunakan melalui WordPress repository secara gratis.

wp maintenance mode

WP Maintenance Mode adalah salah atu plugin yang paling banyak digunakan, hal ini karena penggunaannya cukup mudah. Plugin ini tersedia secara gratis dan dibuat oleh tim desain blog yang cukup populer bernama Designmodo. Tercatat telah lebih dari 500.000 pengguna yang melakukan instalasi hingga saat ini.

Langkah Membuat Halaman Maintenance

1. Instal plugin WP Maintenance Mode. Jika Anda belum mengetahui caranya, silakan ikuti tutorial cara instal plugin.

2. Setelah plugin aktif, silakan pilih menu Settings > Wp Maintenance Mode.

seting mode maintenance

3. Akan tampil pengaturan utama pada tab General.

setingan general

  • Pada pilihan pertama pada bagian Status, silakan ubah menjadi Activated jika Anda ingin menampilkan mode maintenance.
  • Pada bagian Bypass for Search Both, Anda dapat memilih Yes jika ingin search engine dapat melihat website Anda selama mode maintenance.
  • Dengan menggunakan plugin ini, Anda tetap dapat mengakses website selama dalam mode maintenance. Hal ini berarti Anda perlu login ke dashboard WordPress terlebih dahulu. Bagaimanapun juga, Anda perlu memilih hak akses user terlebih dahulu, secara default hanya Administrator.
  • Silakan simpan perubahan dengan menekan tombol Save Settings.

4. Selanjutnya pada bagian tab Design.

tampilan mode maintenance

  • Pada bagian title berupa tulisan yang tampil di bagian tab browser, sedangkan untuk Heading berupa tulisan untuk judul utama halaman maintenance dengan memilih warna yang diinginkan.
  • Untuk Text berupa pesan yang ditampilkan yang berhubungan dengan tidak bisa diaksesnya website Anda. Anda juga dapat menentukan warna pada tulisannya.
  • Selanjutnya untuk Background dapat berupa gambar yang diinginkan atau hanya berupa warna saja. Jika sudah selesai silakan simpan perubahan dengan menekan tombol Save settings.

5. Pada tab Modules Anda dapat menambahkan beberapa bagian seperti berikut.

timer di website

  • Anda dapat menampilkan timer pada halaman maintenance. Untuk mengaktifkannya silakan pilih Yes pada bagian Show Countdown.
  • Jika Anda ingin menambahkan form subscribe untuk memberitahu pengunjung setelah maintenance selesai, silakan pilih Yes pada bagian Show Subscribe.
  • Jika Anda ingin menambahkan ikon media sosial, silakan pilih Yes pada bagian Show social networks dan masukkan akun sosial media yang dimiliki pada masing-masing kolom sesuai dengan jenis sosial media Anda.

social media

  • Selain tombol media sosial, Anda juga dapat menambahkan form kontak dan tracking untuk Google Analytics. Jika pengaturan sudah selesai, silakan tekan tombol Save settings untuk menyimpan perubahan.

menambahkan kontak di mode maintenance

6. Berikut adalah tampilan halaman maintenance ketika website Anda diakses.

wordpress maintenance mode

Kesimpulan

Anda sudah lihat sendiri, bukan? Dengan menggunakan WordPress, halaman maintenance website dapat Anda buat sendiri dengan mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal plugin bernama WP Maintenance Mode dan segalanya Anda dapat melakukan konfigurasi sendiri sesuai keinginan tanpa kesulitan!

The post Modifikasi Mode Maintenance WordPress appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/modifikasi-mode-maintenance-wordpress/feed/ 1
Problem Error Pada WordPress http://purwantoblog.com/problem-error-pada-wordpress/ http://purwantoblog.com/problem-error-pada-wordpress/#respond Fri, 08 Dec 2017 02:00:22 +0000 http://purwantoblog.com/?p=643 Problem Error Pada WordPress merupakan permasalahan sederhana yang bisa jadi kerap terjadi. Meskipun sangat mudah digunakan, terkadang pengguna WordPress tetap menemukan permasalahan pada website. Nah, permasalahan yang terjadi sebenarnya dapat Anda …

The post Problem Error Pada WordPress appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Problem Error Pada WordPress merupakan permasalahan sederhana yang bisa jadi kerap terjadi. Meskipun sangat mudah digunakan, terkadang pengguna WordPress tetap menemukan permasalahan pada website. Nah, permasalahan yang terjadi sebenarnya dapat Anda perbaiki sendiri.

Kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada Anda mengenai 10 Error Umum pada WordPress Beserta Solusinya. Ulasan ini kami himpun dari berbagai sumber, termasuk permasalahan yang pernah dihadapi oleh para pelanggan kami.

Problem Error Pada WordPress

Berikut adalah Problem Error Pada WordPress yang dibahas dalam ulasan ini.

Ingat, pastikan sebelum anda melakukan tindakan perbaikan, lakukan backup file website terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika ada kendala pada proses perbaikan.


1. Syntax Error pada WordPress

parse syntax error pada wordpress

Kadangkala ketika menginstal plugin atau theme baru, atau melakukan perubahan pada code dasar website WordPress yang Anda miliki, Anda akan menemukan pesan error seperti:

Parse error - syntax error, unexpected xxxxxxxxx in line 700.

Penyebab:

Problem Error Pada WordPress ini umumnya terjadi karena adanya tanda baca yang hilang pada plugin/theme/script Anda, seperti tag penutup, tanda petik, dan lain-lain.

Solusi:

Hal yang perlu anda lakukan adalah memeriksa line/baris yang disebutkan guna mencari tahu bagian tag/script mana yang hilang. Anda dapat memeriksa urutan baris yang error menggunakan text editor seperti Dreamweaver atau Notepad++.

Pemahaman mengenai penulisan script diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini. Jika Anda kurang menguasainya, kami menyarankan Anda untuk meminta bantuan kepada developer/tim support tempat Anda menggunakan layanan hosting WordPress tersebut.

2. Internal Server Error

internal server error pada WordPress

Jangan panik ketika Anda mengalami Internal Server Error. Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan mudah.

Penyebab:

Umumnya hal ini berkaitan dengan adanya script website yang hilang atau tidak kompatibel dengan WordPress yang Anda miliki.

Solusi:

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah cek file .htaccess di dalam public_html. Jika Anda tidak menemukannya, silakan buat file baru dengan nama .htaccess dan isi dengan script default htaccess WordPress yang bisa Anda dapatkan di sini: https://codex.wordpress.org/htaccess.

Jika cara di atas masih juga tidak membantu, Anda dapat mencoba memeriksa versi PHP hosting yang Anda gunakan melalui menu php version atau select php version. Kemudian, ubah versi PHP Anda menjadi 5.3 atau dengan versi paling baru.

Versi PHP yang Anda gunakan juga turut mempengaruhi hal ini. Karenanya, jangan lupa cek juga pada versi mana website bisa ditampilkan dengan normal.

Apabila cara di atas masih juga belum bisa menyelesaikan persoalan Anda, silakan coba matikan semua plugin Anda kemudian cek apakah website bisa ditampilkan. Terkadang, plugin yang tidak kompatibel dapat mengakibatkan gangguan seperti ini.

3. Error Establishing a Database Connection

error database connection pada wordpress

Penyebab:

Jika Anda menemukan pesan error Establishing a Database Connection, kami harap Anda tidak panik. Kesalahan ini hanya disebabkan oleh pengaturan koneksi database yang belum benar.

Solusi:

Silakan cek pengaturan wp-config.php Anda dan pastikan isian user database, database name, dan password sudah benar. Apabila semua sudah sesuai, pesan tersebut akan hilang dan website Anda dapat kembali diakses dengan normal.

4. Layar Blank Putih pada WordPress (White Screen of Death)

solusi wordpress blank putih

Pernahkah Anda menjumpai halaman WordPress Anda yang hanya menampilkan tampilan blank putih saja?

Penyebab:

Ketika hal ini terjadi, sebenarnya ada gangguan pada script website Anda. Namun karena pengaturan debug pada WordPress saat ini adalah off secara default, maka tidak ada pesan error yang ditampilkan.

Solusi:

Silakan akses file wp-config.php kemudian cari baris wp_debug dan ubah statusnya dari false menjadi true. Dengan diubahnya pengaturan ini, website Anda akan memunculkan pesan penyebab error yang sebenarnya. Anda tinggal mengikuti langkah di poin nomor 2 untuk mengatasinya.

Jika permasalahan masih juga belum teratasi, silakan coba panduan menaikkan limit PHP WordPress untuk mengatasinya. Permasalahan White Screen of Death ini juga dapat terjadi jika plugin atau theme yang Anda gunakan membutuhkan memori besar, sedangkan limit PHP WordPress Anda kurang memadai.

5. Muncul Halaman WordPress 404 Ketika Diakses

error 404 pada wordpress

Penyebab:

Halaman WordPress yang mengalami Error 404 umumnya disebabkan karena adanya kesalahan pengaturan pada permalink WordPress Anda.

Solusi:

Anda dapat mengubah pengaturan permalink menjadi default terlebih dahulu, kemudian ubah kembali ke pengaturan yang Anda inginkan.

Pengaturan permalink bisa dilakukan melalui halaman admin WordPress Anda pada bagian Settings ➡ Permalink.

6. Tampilan Tata Letak Website Tidak Beraturan

tampilan wordpress theme error

Pernahkah Anda menemukan permasalahan tampilan website yang berantakan dan tidak beraturan ketika diakses? Ada beberapa penyebab mengapa permasalahan ini dapat terjadi.

Penyebab:

Penyebab umum mengapa permasalahan ini dapat terjadi meliputi pengaturan Site URL yang salah dan adanya tag HTML atau CSS pada postingan Anda yang mengacaukan pengaturan default theme. Penyebab lainnya bisa juga karena Anda menulis artikel di Microsoft Word kemudian menyalinnya secara langsung ke halaman postingan WordPress.

Solusi:

Edit postingan Anda, kemudian pindahkan postingan tersebut ke Notepad. Kemudian, salin kembali ke halaman postingan Anda. Voila! Style HTML pada menu post Anda akan hilang dan tampilan WordPress kembali seperti sebagaimana mestinya.

7. Menu & Tombol pada Text Editor WordPress Menghilang

tinymce error pada wordpress

Menu pada text editor WordPress sangat memudahkan Anda dalam melakukan formatting tulisan ketika menulis artikel. Akan tetapi, apa yang terjadi jika tiba-tiba menu ini menghilang dan hanya menampilkan kolom penulisan teks saja? Hal ini tentu sangat menyulitkan, bukan?

Penyebab:

Permasalahan ini umumnya terjadi karena adanya plugin/script yang konflik dengan script TinyMCE Editor bawaan WordPress.

Solusi:

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba mematikan semua plugin terlebih dahulu kemudian mengaktifkannya kembali satu per satu guna memeriksa plugin mana yang bermasalah.

Jika cara ini tidak membantu, Anda dapat mengunduh script TinyMCE baru dari website resmi di sini, kemudian replace file tinyMCE yang lama di folder /wp-includes/js/tinymce/ dengan script baru yang Anda unduh.

8. WordPress Memory Exhausted Error – Increase PHP Memory

WordPress Memory Exhausted Error

Penyebab:

Permasalahan ini umum tejadi karena memori yang dibutuhkan oleh plugin & query pada WordPress lebih besar dari limit memori default yang ditentukan oleh WordPress.

Solusi:

Perbesar limit PHP pada WordPress Anda. Anda dapat memperbesar limit memori WordPress dengan mengikuti panduan berikut ini: Menaikkan Limit PHP WordPress.

9. Tidak Dapat Login Administrator WordPress

error login wp admin wordpress

Penyebab:

Beberapa pengguna WordPress terkadang kehilangan akses ke halaman Admin WordPress karena lupa username, email, maupun password login WP-Admin, atau malah terkena hacking.

Solusi:

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan reset password melalui pilihan Lost your password? di halaman login admin. Selain itu Anda juga dapat melakukan reset username dan password WordPress melalui PHPmyAdmin. Panduan lebih lanjut dapat Anda lihat pada halaman Cara Mereset Username dan Password WordPress.

10. Gambar yang Tidak Tampil pada WordPress

error image pada wordpress

Penyebab:

Terkadang pengguna WordPress mengalami permasalahan tidak munculnya gambar pada postingan, padahal gambar sudah diunggah dengan baik. Permasalahan ini memiliki beberapa penyebab, di antaranya:

Permission folder penyimpan gambar yang berubah.
URL folder penyimpanan gambar yang salah.
– Pengguna mengaktifkan fitur protect directory di cpanel.

Solusi:

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa hal yang dapat lakukan.

– Memeriksa permission folder wp-content/uploads/images dan pastikan permission foldernya 755.
– Memeriksa pengaturan URL Images di wp-admin ➡ Settings dan pastikan URL mengarah ke folder yang benar.
– Memeriksa fitur Protect Directory di cpanel dan pastikan Anda telah mematikannya.


10 error di atas merupakan permasalahan umum yang kerap dialami oleh banyak pengguna WordPress. Silahkan baca juga Cara Setting Plugin Content Warning dan Cara Membatasi Akses ke WP Admin

The post Problem Error Pada WordPress appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/problem-error-pada-wordpress/feed/ 0
Kriteria Backlink Berkualitas http://purwantoblog.com/kriteria-backlink-berkualitas/ http://purwantoblog.com/kriteria-backlink-berkualitas/#comments Thu, 07 Dec 2017 08:00:36 +0000 http://purwantoblog.com/?p=668 Kriteria Backlink Berkualitas sangat diperlukan untuk Optimasi off-page, yaitu optimasi untuk menaikkan SERP (search engine results page) yang dilakukan dari luar situs yang bersangkutan. Dalam prakteknya, optimasi off-page sangat berkaitan …

The post Kriteria Backlink Berkualitas appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Kriteria Backlink Berkualitas sangat diperlukan untuk Optimasi off-page, yaitu optimasi untuk menaikkan SERP (search engine results page) yang dilakukan dari luar situs yang bersangkutan. Dalam prakteknya, optimasi off-page sangat berkaitan erat dengan backlink.

Berbagai perubahan dalam algoritma Google memaksa para pemilik website yang menggantungkan trafik situsnya dari search engine untuk terus belajar mencari model optimasi yang tepat dan sesuai agar bisa menaikkan posisi web mereka ke tempat yang lebih baik di halaman pencarian.

Model-model backlink massal menggunakan software otomatis sudah banyak ditinggalkan, karena walaupun bisa menaikkan rangking situs yang dibacklink secara cepat di halaman pencarian, cara ini juga sangat rentan terdeteksi algoritma Google yang bisa berakibat fatal, yaitu penurunan rangking di search engine (biasanya hampir untuk semua keyword) sampai dengan penalty hingga deindex (jika spamming massal yang dilakukan cukup brutal).

Algoritma Google untuk menangani masalah optimasi backlink yang berlebihan ini biasa dikenal dengan nama Google Penguin. Beberapa tahun belakangan, algoritma ini sudah mengakibatkan banyak korban berjatuhan terutama pada mereka yang membangun situsnya dengan berbagai jenis backlink spamming, massal dan low quality.

Untuk menghindari amukan Google Penguin, banyak webmaster yang beralih dari model backlink massal dengan low quality link ke backlink manual dengan high quality links (Kriteria Backlink Berkualitas).

Masalahnya, tidak banyak yang tahu bagaimana sebenarnya kriteria dari backlink yang dianggap berkualitas di mata Google dan dimana mencari sumber backlink gratis tersebut. Terutama bagi mereka yang baru masuk ke dalam dunia internet marketing dan masih awam dalam masalah SEO.

Untuk itulah, saya tulis tentang Kriteria Backlink Berkualitas yang bisa Anda jadikan panduan dalam optimasi off-page berikut dengan penjelasannya dibawah ini.

Kriteria Backlink Berkualitas

Kriteria Pertama : Relevan

Alasan backlink yang berasal dari topik / niche yang relevan sangat bagus dan berkualitas adalah karena link jenis ini terlihat lebih natural bagi search engine. Dari segi user experience (UX), link di website yang relevan juga tidak mengganggu visitor, bahkan sangat mungkin mendapatkan klik yang tentu saja menjadi kunjungan (trafik).

Kriteria Kedua : Contextual Links

Contextual links adalah links yang berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini berkualitas tinggi adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis). Dan seperti yang sudah dijelaskan di kriteria pertama, link dari topik yang relevan sangat disukai search engine.

Baca juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Kriteria Ketiga : High PR (DA PA)

Google menghadiahi website yang authority dan trusted nya tinggi dengan Pagerank, semakin tinggi pagerank maka semakin tinggi authority nya. Maka, backlink yang berasal dari domain dengan Pagerank tinggi pun tentunya punya kualitas yang lebih bagus dari pada backlink dari situs dengan PR yang rendah, PR0 ataupun PR N/A.

Karena pagerank sudah tidak update lagi sejak tahun 2012, maka penilaian Authority web bisa memakai alternative DA PA (Domain Authority dan Page Authority) dari Moz. Metric TF (Trust Flow) dari Majestic SEO pun juga bisa Anda gunakan. Patokan nilai yang digunakan algoritma Moz dan Majestic ini dalam mengukur authority suatu web tetap sama, semakin tinggi nilainya semakin bagus.

Kriteria Keempat : Aged Domain

Jika suatu web authority nya tinggi, biasanya umur domain dari web tersebut juga sudah lama. Jarang ada suatu web yang bisa mendapatkan PR4 atau PR5 dalam hitungan bulan (terkecuali untuk web yang domainnya berasal dari domain drop, redirect atau fake).

Kelebihan lain dari website berumur biasanya indexnya lebih cepat. Walaupun website berumur belum tentu authority nya besar, mendapatkan backlink dari domain dengan jenis ini saya rasa lebih aman dari pada mendapatkan backlink dari website-website yang baru seumur jagung dengan index yang belum stabil.

Belakangan banyak webmaster yang memanfaatkan kualitas dari aged domain ini untuk membangun blog-blog network pribadi atau biasa dikenal dengan sebutan PBN.

Namun hati-hati, jangan asal beli domain aged karena belum tentu domain tersebut bagus untuk dijadikan sumber backlink. Cek terlebih dahulu histori webnya, mulai dari tampilan halaman (bisa menggunakan Web Archive) sampai histori backlink nya (bisa menggunakan Ahrefs). Pastikan web tersebut tidak pernah digunakan untuk kegiatan spamming sebelumnya.

Kriteria Kelima : Trafik Tinggi

Orang bilang, “google follow people”. Sedikit banyak bisa diartikan, links yang berada di website dengan trafik tinggi mempunyai kualitas yang lebih bagus daripada links yang berada di website dengan trafik rendah, karena links yang berada di website dengan trafik tinggi lebih berpeluang mendapatkan klik (kunjungan) dari visitor di website tersebut.

Ini tidak 100% benar, tapi cukup menunjang jika kriteria yang lain terpenuhi.

Kriteria Keenam : Low Outbound Links

Hal ini berkenaan dengan Link Juice. Mendapatkan backlink dengan outbound link (link keluar) yang cukup banyak akan mengurangi efektivitas backlink tersebut karena harus dibagi-bagi dengan link-link yang lain di dalam satu halaman yang sama.

Kebalikannya dengan low outbound links, backlink yang di dapat dari halaman ini jauh lebih powerful karena Link Juice nya langsung masuk ke website Anda tanpa terlalu banyak terbagi-bagi ke link lain.

Terlalu sering mendapat backlink dari website dengan outbound links yang banyak juga cukup berbahaya bagi website Anda karena high outbound links rentan dianggap sebagai halaman spam (yang masuk kategori ini biasanya spamming jenis blog commenting).

Kriteria Ketujuh : Unik (Different C class IP’s)

Mendapatkan backlink dari website dengan hosting yang berbeda-beda dan IP yang berbeda-beda juga ikut mempengaruhi peringkat website kita di search engine Google.

Logikanya, jika backlink yang di dapat dari IP yang berbeda-beda, kemungkinan besar backlink yang didapat bukanlah manipulasi seperti halnya jika kita membuat backlink dari website-website kita sendiri (dengan IP dan hosting yang sama).

At least, itulah yang besar kemungkinan dibenamkan ke dalam pikiran Penguinnya Google. Walaupun dalam prakteknya, tetap saja backlink beda IP juga bisa dimanipulasi (dengan PBN misalnya).

Mendapatkan backlink dari puluhan website dengan IP yang berbeda-beda jauh lebih baik daripada ratusan backlink tetapi dari 1 website yang sama.

Cek juga: Cara Setting Plugin Wordfence Untuk Menghapus Malware dan Cara Setting Plugin Content Warning

Kriteria Kedelapan : Dofollow Attribut

Menurut teori, Dofollow adalah link yang dihitung google sebagai sebuah ‘vote’ untuk website Anda, sedangkan nofollow tidak. Jadi, jika Anda mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan 7 kriteria diatas namun link nya ternyata bukan dofollow, maka itu adalah sebuah kerugian besar.

Ada yang mengatakan nofollow tetap dihitung sebagai sebuah backlink, ada yag mengatakan tidak. Menurut saya pribadi, link ini ada kemungkinan tetap dihitung, namun prosentasenya sangat kecil bila dibandingkan dengan link dofollow.

Agar tetap terlihat natural, saya sarankan dalam membangun backlink prosentase dofollow nofollow Anda ada di angka sekitar 80 : 20 sampai 95 : 5. Jangan semua backlink Anda cari yang hanya dofollow saja karena akan terlihat tidak natural bagi search engine, pun juga jangan kebanyakan link nofollow daripada dofollow karena backlink yang Anda bangun akan menjadi kurang powerful.

Kriteria Kesembilan : One way links

One way links atau link satu arah.

Beberapa tahun lalu link exchange (tukar link) antar sesama blogger adalah suatu aktivitas yang lumrah dan sangat sering dilakukan. Aktivitas ini cukup efektif untuk menaikkan Pagerank dan memperkuat backlink dari situs-situs yang melakukan link exchange.

Sayangnya, di algoritma Google yang sekarang reciprocal link semacam ini sudah banyak berkurang value nya (mungkin karena sudah terlalu banyak disalahgunakan).

One way links (link satu arah) ke website kita jauh lebih baik dari pada two way links (link dua arah) seperti model tukar link / link exchange. Alasannya cukup simple, karena kita mendapatkan backlink (+) tanpa harus balik mengeluarkan backlink (-).

skema backlink berkualitas

Dengan memperhatikan 9 kriteria diatas dalam mencari backlink, maka website Anda akan jauh lebih mudah bersaing di SERP daripada jika Anda asal comot backlink tanpa memperhatikan kualitasnya.

Anda bisa menambah atau mengurangi 9 kriteria diatas sesuai kebutuhan off-page Anda, dan kalau perlu Anda improvisasi sehingga menghasilkan efek yang lebih maksimal. Tidak harus semua syarat diatas terpenuhi karena memang untuk mendapatkan backlink berkualitas yang memenuhi semua kriteria tersebut sangatlah susah.

Jangan lupa juga faktor lain untuk memaksimalkan optimasi off-page Anda seperti social signal (link dari social media). Meskipun link yang dihasilkan dari social media kebanyakan adalah nofollow, tapi backlink jenis ini juga cukup bermanfaat karena mendatangkan trafik dan bisa menimbulkan efek viral.

Disini saya tidak berniat menggurui, karena dalam penerapannya, ilmu SEO bukan ilmu pasti. SEO adalah ilmu yang dinamis, yang mengharuskan kita untuk terus belajar dan belajar supaya bisa tetap bertahan dan berkembang dalam bidang ini. Hari ini Anda no. 1 di SERP, belum tentu besok Anda berada di 10 besar halaman pencarian (terkecuali Anda membayar Google untuk nampang di Adwords). Baca juga analisa saya tentang On Page SEO Optimal atau Off Page SEO Optimal jika anda ingin mendalami bidang ini lebih jauh lagi.

The post Kriteria Backlink Berkualitas appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/kriteria-backlink-berkualitas/feed/ 4
Mengatasi WP Admin Tidak Bisa Diakses http://purwantoblog.com/mengatasi-wp-admin-tidak-bisa-diakses/ http://purwantoblog.com/mengatasi-wp-admin-tidak-bisa-diakses/#comments Wed, 06 Dec 2017 08:00:51 +0000 http://purwantoblog.com/?p=534 Wp admin yang tidak bisa diakses tentu akan menyulitkan Anda dalam melakukan pengaturan melalui dashboard, misalnya instalasi plugin atau menerbitkan postingan baru. Masalah yang kerap muncul biasanya adalah halaman login …

The post Mengatasi WP Admin Tidak Bisa Diakses appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
Wp admin yang tidak bisa diakses tentu akan menyulitkan Anda dalam melakukan pengaturan melalui dashboard, misalnya instalasi plugin atau menerbitkan postingan baru. Masalah yang kerap muncul biasanya adalah halaman login pada WordPress yang hanya loading saja dan tidak menampilkan halaman untuk memasukkan username dan password admin area WordPress.Jangan panik apabila hal ini terjadi pada Anda. Sesungguhnya permasalahan ini cukup sering dialami oleh pengguna WordPress lain di seluruh dunia. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa cara yang telah kami rangkum berikut ini.Sebelum memulai tutorial Mengatasi wp Admin Tidak Bisa Diakses, kami menyarankan Anda untuk melakukan backup website terlebih dahulu. Setelah backup selesai, silakan mulai langkah pertama pada tutorial Mengatasi wp Admin Tidak Bisa Diakses ini.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda memerlukan:

  • Akses ke akun hosting Anda

Berikut adalah Beberapa Mengatasi wp Admin Tidak Bisa Diakses

Pilihan 1: Bersihkan Cookie dan Cache pada Browser

Sama halnya seperti sistem pada pemrograman berbasis website, WordPress juga memanfaatkan cookies untuk autentikasi user dan pengaturan session. Cookies memang dapat membantu mempercepat browsing Anda, hanya saja dapat mendatangkan masalah dalam beberapa kasus.

Caching adalah mekanisme lain selain cookies. Ini berguna untuk menyimpan halaman sebuah website pada cache memory. Proses ini membuat halaman pada website dapat diakses lebih cepat ketika pengunjung kembali mengunjunginya.

Menghapus cookies dan cache pada web browser tidak hanya meningkatkan performa dari website, tapi juga dapat mengatasi masalah wp-admin tidak bisa diakses. Berikut kami berikan langkah-langkahnya, sesuai dengan browser yang digunakan.

1.1. Google Chrome

1. Silakan klik ikon tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas browser Google Chrome.

login wordpress

2. Pilih History dan pada bagian Clear browsing data. Silakan pilih Cookies and other site and plugin data dan Cached images and files.

masalah login wordpress

3. Kemudian klik the beginning of time dan klik tombol Clear browsing data.

wp-admin tidak bisa diakses

1.2: Mozilla Firefox

Pada Firefox, Anda dapat menghapus cookies dengan memilih ikon berupa tiga garis yang berada di pojok kanan atas. Kemudian, silakan pilih History. Selanjutnya Anda perlu memilih Clear Recent History pada bagian Time range to clear dan pilih Everything. Centang Cookies dan Cache, setelah itu tekan tombol Clear Now.

hapus cache firefox

Informasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan di tutorial mengenai cara menghapus cache pada browser FireFox berikut ini.

1.3. Safari

Silakan klik tombol Safari yang berada di bagian kiri atas browser, tepatnya di sebelah kanan logo Apple. Kemudian, silakan pilih Preferences. Pilih Privacy dan klik tombol Manage Website Data…

Silakan cari dan pilih alamat website Anda pada daftar, kemudian klik tombol Remove. Anda juga dapat menghapus semua alamat website yang tersimpan dengan menekan tombol Remove All.

hapus cache safari

1. 4. Microsoft Edge

Bagi Anda pengguna browser Microsoft Edge, silakan klik tiga titik horizontal yang berada di bagian kanan atas halaman. Setelah itu, pilih Settings yang ada di menu drop down. Halaman Settings tempat menu Clear browsing data berada akan muncul setelahnya.

Setelah itu silakan klik Choose what to clear dan centang bagian Cookies and saved website data serta Cached data and files. Terakhir, silakan klik Clear. Akan muncul pesan All clear! yang menandakan bahwa cookies dan cache telah dihapus.

hapus cache microsoft edge

Pilihan 2: Restore File .htaccess Default

Dalam beberapa kasus, mungkin file .htaccess dapat menjadi penyebab wp-admin tidak bisa diakses. Hal ini dapat disebabkan file .htaccess korup, sehingga Anda perlu mengganti file atau kode di dalamnya dengan yang sesuai atau file .htaccess default.

Anda dapat menghapus file .htaccess melalui FTP client FileZilla yang langsung dihubungkan ke akun hosting Anda. File .htaccess berada pada direktori utama website Anda (biasanya berada di public_html).

Klik kanan pada file .htaccess dan pilih Delete. Selain menghapus, Anda juga dapat menonaktfikannya dengan cara mengganti nama file tersebut, misalnya menjadi htaccess.txt.

hapus file htaccess

Setelah proses hapus selesai, silakan buat file .htaccess default di WordPress Anda.

Pilihan 3: Nonaktifkan Plugin dan Template

Masalah lain yang dapat menyebabkan wp-admin tidak dapat diakses adalah template atau plugin yang Anda instal.

3.1. Nonaktifkan Plugin

1. Untuk melakukan pengecekan apakah plugin tertentu menjadi penyebab hal ini plugin, silakan akses website melalui FileZilla dan pilih direktori wp-content.

2. Ubah nama folder plugins menjadi pluginsnonaktif misalnya. Hal ini tepat dilakukan agar WordPress tidak dapat menemukannya ketika memuat website Anda.

3. Silakan akses kembali wp-admin Anda. Jika dapat berjalan lancar, penyebab utamanya adalah plugin yang terinstal.

nonaktifkan plugin

4. Selanjutnya adalah menemukan plugin yang menjadi penyebab hal tersebut. Silakan ubah kembali folder plugins seperti sebelumnya yaitu plugins.

5. Setelah itu, nonaktifkan plugin satu per satu dengan cara mengubah nama. Jangan lupa, setiap kali mengubah nama plugin, lakukanlah pengecekan dengan mengakses wp-admin.

3.2. Nonaktifkan Template

Selain plugin, template juga dapat menjadi penyebab wp-admin tidak bisa diakses. Untuk melakukan pengecekan, Anda perlu mengubah template WordPress dengan template default. Anda dapat mengubah template ini melalui phpMyAdmin.

1. Login ke cPanel akun hosting Anda.

2. Pilih menu phpMyAdmin yang ada di dalam kolom Databases.

phpmyadmin cpanel

2. Pilih database Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu database, pastikan Anda memilih nama database yang benar. Silakan ikuti tutorial cara mengetahui nama database WordPress berikut ini.

3. Selanjutnya, klik tabel wp_options. Biasanya prefix akan berbeda, dan pada contoh ini adalah nfik_options. Silakan beri tanda centang pada Show All.

database wordpress

4. Temukan bagian dari baris template dan stylesheet. Silakan edit bagian option_value menjadi twentyseventeen dengan cara klik dua kali, kemudian tekan Enter untuk menyimpan.

ganti template wordpress di database

5. Coba akses kembali wp-admin Anda. Jika sudah dapat diakses, penyebab wp-admin tidak dapat diakses adalah template yang telah Anda gunakan sebelumnya.

Kesimpulan

Pada tutorial ini Anda telah belajar cara mengatasi wp-admin tidak bisa diakses. Untuk menanganinya, ada beberapa cara berbeda yang kami rekomendasikan sesuai dengan penyebabnya, yaitu:

  • Menghapus cookies/cache browser
  • Mengembalikan setingan file .htaccess ke default
  • Menonaktifkan template atau plugin

Silahkan baca juga Cara Membatasi Akses ke WP Admin

The post Mengatasi WP Admin Tidak Bisa Diakses appeared first on Belajar Bisnis Online Gratis Tutorial Gratis Ebook Gratis.

]]>
http://purwantoblog.com/mengatasi-wp-admin-tidak-bisa-diakses/feed/ 2